Ar Raisul Karama Arifin, S. Psi, M.Psi

Direktur Sekolah Anak Saleh

ra

Assalamualaikum wa-Rahmatullahi wa-Barakatuh
Bismillahi ar-Rahmani ar-Rahiim.

Segala puji atas nikmat Allah Swt yang telah dilimpahkan kepada kita, sholawat serta salam senantiasa tercurah pada Rasulillah Muhammad Saw beserta ahlul bait, ash-habih dan para pengikutnya yang istiqomah di jalan-Nya.

Dalam rangka mempersiapkan peserta didik agar siap dalam menghadapi tantangan masa depan serta menangani tipe peserta didik yang lahir dalam era millennial, maka Sekolah Anak Saleh senantiasa belajar dan mengembangkan berbagai metode dalam menjawab tantangan tersebut. Pendidikan karakter yang khas di Sekolah Anak Saleh yakni 1) kesalehan personal; 2) Kesalehan Sosial; 3) Kesalehan Kealamiahan; 4) Kesalehan Kebangsaan; 5) Kesalehan Kecendekiaan menjadikan proses Pendidikan di Sekolah Anak Saleh sarat akan karakter guna menjawab tantangan masa depan dimana setiap individu dituntut untuk 4C (Creative thinking, critical thinking and problem solving, Communication, and Collaboration).

Pendidikan karakter di sekolah anak saleh ada sejak sekolah anak saleh berdiri. Pendidikan karakter di sekolah anak saleh bukanlah program tambahan, namun menjadi satu kesatuan yang masuk dalam kurikulum dan pembelajaran. Kajian mengenai kurikulum dan pembelajaran terus menerus dilakukan guna menyempurnakan metode dalam penerapan panca karakter anak saleh. Alhamdulillah, sekolah anak saleh merupakan salah satu sekolah nasional yang senantiasa dipercaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai sekolah pilot project dalam setiap kesempatan adanya pengembangan metode pembelajaran yang mendukung kurikulum Nasional.

Selain karakter-karakter dasar sebagai keutamaan akademis tersebut, keterampilan dasar bagi peserta didik agar mampu masing-masingnya kembangkan adalah kemampuan berbahasa baik asing, bahasa Indonesia, maupun bahasa daerah. Hal tersebut menjadi penting sebagai dasar karena bahasa merupakan jalan manusia dalam berkomunikasi dengan baik maupun memperoleh informasi. Selain karakter, kemampuan berbahasa dan komunikasi adalah kemampuan penguasaan sains dan tekhnologi. Oleh karenanya, Sekolah Anak Saleh mengarahkan orientasi pembelajaran bagi peserta didik pada penggunaan serta penguasaan sains dan tekhnologi. Literasi digital menjadi penting pada era kekinian agar peserta didik tidak gagap tekhnologi atau malah menjadi banal tekhnologi. Hal tersebut sesuai dengan kalimat hebat yang disampaikan oleh sahabat nabi, gudang ilmu, Sayyidina Ali bin abi Thalib yakni

“Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu.”

Sebagai sekolah karakter, anak saleh juga menerapkan filosofi education for all dimana sekolah anak saleh merupakan sekolah inklusi yang juga menjadi rujukan di kota Malang. Semua siswa dengan berbagai latar belakang berhak menerima pendidikan yang sama. Kurikulum dan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) disusun dan diterapkan secara individu menyesuaikan dari PDBK tersebut. Banyak keunggulan yang didapat dalam sekolah inklusi baik oleh PDBK maupun siswa regular. Paling penting dalam Pendidikan inklusi adalah pengembangan karakter kesalehan sosial, kesalehan kecendikiaan, dan kesalehan kebangsaan. Pendidikan inklusi sarat akan adanya toleransi dan berbagi cinta kasih tanpa memandang perbedaan.

Sekolah anak saleh merupakan sekolah yang komplit yang mencakup segala aspek pendukung pendidikan dan tumbuh kembang peserta didik. Di Anak Saleh peserta didik bukan hanya belajar orientasi akademik, namun juga memperdalam ilmu agama, belajar keterampilan hidup agar mampu menempatkan diri, berbagi cinta kasih pada sesama manusia dan alam sekitar, serta tempat untuk menemukan keluarga yang menjadikan anak-anak menjadi pribadi yang bahagia.

Billahi at-Taufiq wa-al-Hidayah, Wassalamualaikum wa-Rahmatullahi wa-Barakatuh