SEJARAH
Pada tahun 1997 Yayasan Pendidikan Anak Saleh mendirikan Kelompok Bermain Anak Saleh di mana pendirian Kelompok Bermain ini merupakan hasil dari kajian keislaman beberapa pakar Pendidikan muslim di kota Malang yakni Prof. Dr. H. Sonhadji K.H., Ph.D, Prof. Dr. H. Imron Arifin., M.Pd, dan beberapa pakar Pendidikan lainnya. Yayasan Pendidikan Anak Saleh berkomitmen untuk mendirikan Pendidikan sejak usia dini hingga lanjutan, oleh karenanya Kelompok Bermain sebagai satuan Pendidikan level basic yang mendasar dioperasionalkan lebih awal. Pada tahun 1998 Taman Kanak-Kanak Anak Saleh didirikan dan semakin lama semakin besar hingga pada layanan TPA (Taman Pengasuhan Anak). Pendirian satuan Pendidikan sejak usia dini didasari oleh keprihatinan para cendekia muslim kota Malang akan Pendidikan berbasis islam di kota Malang yang kurang bersinar pada saat itu.
Sejak awal pendiriannya PAUD Terpadu Anak Saleh berkomitmen untuk memberikan pelayanan Pendidikan yang profesional guna menghasilkan anak muslim muslimah yang saleh dan berkualitas serta unggul dalam berbagai aspek. PAUD Terpadu Anak Saleh dirancang untuk membekali anak dasar-dasar keimanan, akhlak, pengetahuan dan keterampilan agar menjadi seorang muslim yang berkualitas.  Kurikulumnya dirancang terpadu, yaitu penggabungan antara Kurikulum Nasional dan Kurikulum Internal (kurikulum adopsi Internasional, keislaman, dan Pancakarakter Anak Saleh). Kurikulum Nasional sebagai acuan standar kompetensi minimal, sedangkan Kurikulum Internal  dikembangkan dari Pendidikan Keislaman dan Panca Karakter Anak Saleh dalam menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki anak sejak dini sesuai tahapan perkembangan dengan science-technology, 4C (Creative, Critical Thinking, Collaborative, and Comunicative), toleransi dan cinta kasih.
STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi Pembelajaran pada awalnya menggunakan pendekatan area (area approach) berbasis CRI (Children Resource International). Pada perkembangannya dilakukan inovasi dan perubahan dengan menggunakan pendekatan Sentra dan Lingkaran (Beyond Centers and Circle Time). PAUD Terpadu Anak Saleh juga menerapkan muatan  pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathemathics) dengan menggunakan media loose part.
Dalam proses kegiatan bermain dan belajar didasarkan pada tema dan jenis kegiatan disesuiakan dengan tahap perkembangan anak dengan menerapkan habituasi  nilai-nilai Panca Karakter Anak Saleh.
Kurikulum yang diaplikasikan di PAUD Terpadu Anak Saleh dirancang dalam program tahunan dan program semester yang dituangkan kedalam rencana program mingguan dan rencana program harian berdasar 6 aspek perkembangan yakni: pendidikan nilai agama dan moral, sosial emosi, bahasa, kognitif, fisik motorik, dan seni. Dalam penerapan pembelajaran dengan Creative Curricullum, dan Professional Resources berlandaskan  pada Children Multiple Intelligence Development yang mengarah pada Higher Order Thinking Skills dengan 4C (Critical Thinking and Problem Solving , Creativity and Innovation, Collaboration, dan Communication) sesuai era revolusi indusri 4.0 di abad 21
Kurikulum internal Sekolah Anak Saleh mengadopsi kurikulum Internasional dari berbagai pakar Pendidikan dunia, antara lain:
- Panca Karakter Anak Saleh mengadopsi Bronfenbrenner’s Ecological Theory.
- Fokus tumbuh kembang kognisi sesuai tahapan perkembangan mengadopsi Jean Piaget’s Theory.
- Spiral Approach on Cognitive Theory Advanced by Jerome Bruner’s Theory.
- Instructional Scaffolding and Language Approach by Lev Vygotsky’s Theory.
- Positive Discipline by Flanagan.
- Multiple Intelligence by Howard Gardner’s Theory.

KURIKULUM
Kurikulum yang kami gunakan di Paud Terpadu Anak Saleh diadaptasi dari
“Kurikulum 2013”
berdasarkan Peraturan Pemerintah tentang Standar dan Kurikulum Pendidikan Nasional nomer137 dan 146 tahun 2013.

VISI
“Terwuiudnya pendidikan Islami, berkualitas, kreatif, dan menghasilkan lulusan berbasis Panca Karakter Anak Saleh; Kesalehan Personal, Sosial, Kecendekiaan, Kebangsaan, dan Kealamiahan.”
TARGET YANG HARUS DICAPAI
- Unggul dalam Ibadah praktis
- Unggul dalam Bacaan Al-Quran
- Unggul dalam Bahasa Inggris
- Unggul dalam Baca Tulis dan Berhitung
- Unggul dalam Kreatifitas
- Unggul dalam Informatika dan Teknologi
- Unggul dalam hablum minAllah, hablum Minannas, wa hablum minnal-alam
MISI
PENDIDIKAN ISLAM
Mewujudkan lembaga pendidikan anak usia dini yang Islami dan berkualitas
LINGKUNGAN BELAJAR MENYENANGKAN
Menciptakan lingkungan belajar dan bermain yang menumbuhkan suasana belajar aktif, kreatif, efektif, inovatif, menyenangkan dan ramah anak
PANCA KARAKTER
Menghasilkan lulusan yang memiliki dasar-dasar Kesalehan Personal, Kesalehan Sosial, Kesalehan Kecendikiaan, Kesalehan Kebangsaan dan Kesalehan Kealamiahan

Online Learning On Pandemic Period
Pada masa pandemi, PAUD Terpadu Anak Saleh menerapkan kegiatan pembelajaran secara daring (dalam jejaring) atau Belajar Dari Rumah (BDR) melalui kegiatan berikut:
- Personal Video Call
- Group meeting
- Zoom meeting
Selain kegiatan tersebut, Sekolah juga menerapkan kegiatan Kunjungan Rumah (Home Visit) untuk penguatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan secara daring.
Program Bermain Dan Belajar
- Pendekatan Quantum Teaching and Leaming
Pendekatan quantum teaching and learning, merupakan pendekatan pembelajaran joyful learning dengan menggali potensi aspek-aspek perkembangan melalui kegiatan yang memberikan kesempatan peserta didik bereksplorasi secara aktif.
- Pendekatan Beyond Centers and Circle Time
Beyond Centers and Cyrcle Time merupakan pendekatan pembelaiaran yang diadaptasi dari Dr. Pamela Phelps dan Dr. Laura, Talahase Florida. Pada model pendekatan ini kegiatan pembelaiaran dilakukan di sentra-sentra di mana pendidik berperan sebagai motivator dan fasilitator dengan memberi piiakanpiiakan (scaffolding). Setting kegiatan pem belaiaran untul< mengoptimalkan kecerdasan peserta didik tertata dalam urutan yang ielas mulai dari penataan ling kungan main sampai pada pemberian piiakanpiiakan sebelum, selama dan sesudah main. Kegiatan sentra-sentra di PAUD Terpadu Anak Saleh meliputi: Sentra Balok, Sentra Bahan Alam, Sentra Persiapan, Se ntra Ma in Peran, dan didukung fasilitas pembelaiaran diantaranya yaitu perpustakaan, cooking learning, kegiatan olah tubuh serta learning research center (IRC) dan kebun mini.
- Moving Class
Moving class merupakan sistem pembelaiaran yang mengakomodasi karakteristik anak usia dini melalui kegiatan eksplorasi pada pusat-pusat bermain secara bergantian berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain atau dari satu sentra ke sentra lain dengan mengikuti standar aturan dalam bermain start and finish.