Close

Peringatan Hari Kartini, PAUD Terpadu Anak Saleh Tetap Semangat di Tengah Pandemi.

 

Selasa, 21 April 2020

PERINGATAN Hari Kartini 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini bebarengan dengan pandemi covid-19. Biasanya kegiatan menyambut Hari Kartini ramai digelar di berbagai lembaga pemerintah dan swasta. Namun, hampir dua bulan terakhir ini mayoritas masyarakat di Indonesia, khususnya di kota-kota besar yang menjadi sentrum penyebaran wabah covid-19, aktivitas luaran masyarakat dibatasi. Jika kegiatan tidak benar-benar penting, kegiatan dilaksanakan di rumah saja.

 

Hal ini merupakan implementasi protokol kesehatan yang disampaikan Badan Kesehatan Dunia (WHO), yang dikukuhkan dengan kebijakan pemerintah melalui social distancing dan phsysical distancing melalui pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang tertuang di PP No 21 Tahun 2020. Dalam dua bulan terakhir ini, aktivitas bekerja, belajar, dan beribadah di rumah telah dilakukan sebagian masyarakat Indonesia.

Dalam dua bulan terakhir orangtua di Indonesia telah mendampingi anak-anaknya di kegiatan belajar di rumah (pembelajaran jarak jauh). Tak sedikit protes bermunculan dari wali murid imbas beban tugas bagi anak didik yang dirasa memberatkan merea. Maklum saja, pembelajaran dalam jaringan (daring), peran orangtua cukup vital. Dalam praktiknya, guru memberi panduan pembelajaran, kemudian siswa mengerjakan tugas yang telah diberikan. Nah, dalam proses pembelajaran itulah peran orangtua menjadi peng hubung antara guru dan siswa. Di titik inilah, posisi orangtua dalam pembelajaran jarak jauh ini menjadi kunci.

Begitu pula dengan bekerja di rumah. Pekerjaan-pekerjaan yang tidak terkait langsung dengan produksi (manufaktur) masih bisa dilakukan bekerja dari jarak jauh. Di sisi lain tidak sedikit pekerja yang dirumahkan (berstatus karyawan, namun tidak mendapat upah karena dirumahkan), bahkan banyak yang diputus hubungan kerjanya (PHK).

Peringatan Hari Kartini 2020 ini sungguh spesial, khususnya bagi perempuan Indonesia. Peran, tantangan, sekaligus sebagai kelompok yang rentan terdampak covid-19 ini seolah menegaskan peran perempuan cukup signifikan dalam urusan pendidikan, pelayanan kesehatan, tak terkecuali dalam urusan ekonomi domestik di rumah tangga. Selamat Hari Kartini perempuan Indonesia. Panjang umur emansipasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *